Powered By Blogger

Kamis, 04 Oktober 2012

Bibliografi


TUGAS  BAHASA  INDONESIA
Nama: Lili Suriani
Nim: 1252132008
Kelas: BE (A)

A.   BIBLIOGRAFI
1.    Pengertian Bibliografi
Kata bibliografi berasal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion: yang berarti buku dan Graphein: yang berarti menulis, maka kata Bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku. Dalam hal ini maka bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang dikehendaki. Dengan demikian tujuan bibliografi adalah untuk mengetahui adanya suatu buku/pustaka atau sejumlah buku/pustaka yang pernah diterbitkan dalam berbagai bentuk seperti media cetak, elektronik maupun media massa lainnya. (www.alkhoirot.net)
2.   Jenis-jenis Bibliografi
Dalam penulisan bibliografi terdapat beberapa jenis yang harus diketahui. Hal ini di perlukan untuk membedakan jenis bibliografi apa yang akan di buat. Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi.
Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi dibagi menjadi:
a.    Bibliogrfi deskriptif:
Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik
yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul
artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak
yang tertulis.

b.    Bibliografi evaluatif:
Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka.
Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau
artikel. (pelitaku.sabda.org:menulisbiograf)

3.    Tata Cara Penulisan

a.    Menulis dari Buku
Caranya yaitu: NA.TA.JU.TEM:PE.
Na: Nama pengarang
Ta: Tahun terbit
Ju: Judul buku
Tem: Tempat Terbit
Pe: Penerbit

Apabila nama penulis lebih dari satu kata, maka penulisannya harus dibalik. Misalkan seseorang bernama Ariska Fransiska. Ketika di tulis kedalam bibliografi maupun daftar pustaka, maka harus di tulis Fransiska, Ariska dan diantarai dengan tanda koma (,).

1)    Pengarang Tunggal
Alwi, Hasan.2003.Politik Bahasa.Jakarta:Balai Pustaka

2). Pengarang Bersama
Dua orang:
Alwi, Hasan dan Dendy Sugono.2003.Politik Bahasa Rumusan Seminar Politik Bahasa.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Lebih dua orang:
Alwi, Hasan, dkk.1993.Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka. (Juanda.2012.Bahasa Indonesia Matakuliah Pengembang Kepribadian.Makassar:Universitas Negri Makassar)
b.    Menulis dari Internet
 Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari internet, pertama; tulis nama, kedua; tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik), ketiga; tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi, keempat; tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma, kelima; tulis tanggal pengambilan data tersebut. Seperti contoh dibawah ini:
·         Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (ITGovernance).From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008.
c.    Menulis dari Skripsi
·         Tulis nama akhir penulis buku, inisial nama depan jika sumber makalah di dapat dari skripsi.
·         Tulis tahun penerbitan skripsi tersebut. 
·         Tulis judul buku yang menjadi sumber materi diambil, nomor skripsi.
·         Tulis nama penerbit skripsi tersebut dan nama kota penerbit.
·         Tulis halaman skripsi
Contoh: Salmans.1980.Demerging Britain’s G.E.New York Times. July 6:hal 27.
d.    Menulis dari majalah atau koran

Abdullah,Bakri.1990.Pusat kegiatan guru dalam konteks difusi dan penerapan teknologi pendidikan. Wawasan. 15 (4), hlm 47-57.

4.   Membuat Bibliografi

a.     Penulisan bibliografi bermula dengan nama pengarang
·         Nyatakan nama pengarang seperti yang tercatat pada bahan. Jika buku – nama seperti yang tercatat pada muka surat judul.
·         Nyatakan NAMA Penuh pengarang jika Melayu. Jika bukan Melayu,nyatakan NAMA KELUARGA dan diikuti dengan tanda koma dan kemudian singkatan huruf bagi setiap nama berikut pengarang berkenaan. Setiap singkatan nama diakhiri dengan noktah.
·         Jika DUA pengarang, nyatakan kedua-duanya dan gunakan simbol ‘&’ di antara kedua-dua nama. Jangan gunakan perkataan ‘dan’.
·         Jika LEBIH DARI DUA pengarang nyatakan hanya nama pengarang yang muncul terdahulu dalam muka surat judul dan diikuti dengan singkatan ‘et.al.’ yang bermaksud ‘dan lain-lain’
·         Pangkat pemberian seperti DYMM, Datuk, Dr.. Haji dan Tuan tidak dinyatakan. Namun pangkat nama asal seperti Syed, Tunku, Raja, Nik dan lain-lain perlu di tulis.
·         Jika tiada pengarang anda boleh memilh:
- Penyunting diikuti dengan (penyunting)
- Penerbit diikuti dengan (penerbit)
- Penyampai diikuti dengan (penyampai)
- Judul buku
- Judul artikel/kertas kerja
- Judul bahan bukan cetak diikuti dengan [jenis media]
Mengikut mana yang boleh didapati sebagai ganti tempat pengarang.
b.   Nyatakan tahun penerbitan dalam kurungan ( ) atau tanpa kurungan dan diakhiri dengan noktah.
c.    Nyatakan JUDUL bahan dengan penuh (jika buku – seperti yang tercatat pada muka surat judul), gariskan dan diakhiri dengan tanda noktah. Italik boleh digunakan mengantikan garisan.
·         JUDUL di sini bermaksud tajuk buku, nama majalah, jurnal atau surat khabar dan BUKAN tajuk sesuatu artikel di dalam bahan berkenaan.
·         Gunakan huruf besar hanya untuk huruf pertama perkataan pertama judul.
d.     Jika sumber merupakan sebuah artikel/kertas kerja di dalam sebuah buku/majalah/jurnal (atau lagu dalam sebuah album) dan terdapat nama pengarang artikel, judul artikel ditulis tanpa digariskan dan diakhiri dengan noktah SEBELUM menulis judul judul bahan.
e.   Jika bahan merupakan edisi yang baru, nyatakan edisi dalam kurungan seperti (Edisi ke 2) SETELAH menulis judul bahan
f.    Nyatakan tempat terbitan dengan ringkas dan akhiri dengan tanda : (titik bertindih). Kemudian nyatakan nama penerbit dengan ringkas.
·         Akhir dengan koma jika perlu menulis jilid atau halaman rujukan.
·         Jika tidak, akhiri dengan noktah.
g.     Jika bahan merupakan akhbar, majalah atau jurnal, akhiri judul bahan tanda koma dan tuliskan butiran jilid yang diakhiri dengan koma seperti berikut:
a)akhbar – tarikh dan bulan The Star,29 Mac,
b)majalah bulanan – bulan Wanita,Julai,
c)terbitan berkala – jilid (digariskan) Wawasan, 5,
jilid (bilangan dlm kurungan) Pendidik, 15 (2)
h.     Nyatakan muka surat (halaman) rujukan jika telah merujuk kepada halaman tertentu dalam bahan selepas butiran penerbit atau jilid. Tuliskan dalam bentuk – hlm 25 atau hlm 203-206 (boleh ditulis tanpa singkatan hlm) dan akhiri dengan noktah. Jangan mulakan dengan tanda : (contoh :hlm 25) Tanda : hanya digunakan untuk catatan dalam teks)
i.     Jarakkan setiap butiran di atas dengan hanya satu ensotan (space).
j.     Semua butiran bibliografi perlu ditulis dalam ayat-ayat yang berterusan dan aksara pertama baris itu diensotkan 5 ensotan berbanding baris kedua.
k.     Bibliografi disusun mengikut abjad perkataan pertama penulisan bagi setiap bahan yang ada di dalam senarai bahan rujukan.
l.      Ringkasan kandungan bahan boleh ditulis dalam dua atau tiga ayat yang ringkas diakhiri bibliografi bagi tujuan mengingatkan penulis atau mengenalkan pembaca tentang jenis serta kandungan bahan yang menjadi rujukan itu. Ia dikenali sebagai ANOTASI. Walau bagaimanapun ANOTASI jarang ditulis dalam bibliografi.
5. Contoh-contoh Bibliografi
 Salmans.1980.Demerging Britain’s G.E.New York Times. July 6:hal 27.
Alwi, Hasan, dkk.1993.Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.(Juanda.2012.Bahasa Indonesia Matakuliah Pengembang Kepribadian.Makassar:Universitas Negri Makassar)
Abdullah,Bakri.1990.Pusat kegiatan guru dalam konteks difusi dan penerapan teknologi pendidikan. Wawasan. 15 (4), hlm 47-57.
Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (ITGovernance).From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar