Powered By Blogger

Kamis, 29 November 2012

Tugas Muhlisah


Nama      :   Muhlisah
NIM        :   1252132007
Prody      :   Business English A

KATA PENGHUBUNG INTRA DAN ANTAR
Kata penghubung adalah kata yang menghubungkan dua atau lebih kelompok kata agar maknanya berkaitan.

Ada 2 jenis kata penghubung, yaitu :
            I. Kata Penghubung Intra Kalimat ( Antar Klausa)
Adalah kata yang menghubungkan klausa induk dan klausa anak.

Dalam intra kalimat (antar klausa) juga ada 2 jenis kata penghubung atau konjugasi, yaitu :
A.  Konjugasi Koordinatif, yaitu kata penghubung yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memiliki status sederajat, diantaranya : dan, atau, tetapi, sedangkan, melainkan, lalu, kemudian, padahal.

Contoh :
1  Saya dan adik saya memasak sayur di dapur.
2. Saya yang menemui anda atau anda yang menemui saya.
3. Ani anak yang rajin tetapi dia tidak sopan.
4. Ratih suka apel sedangkan saya suka anggur.
5. Perbuatan itu terjadi bukan karena orang lain melainkan dirinya sendiri.
6. Andi masuk kamar lalu dia mengganti bajunya.
7.Setelah lulus SMA kemudian saya lanjut keperguruan tinggi.
8. Dia berhianat padahal saya sangat mencintainya.


B.  Konjugasi Subordinatif, yaitu kata penghubung yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang tidak sama derajatnya, diantaranya : ketika, sejak, kalau, jika, supaya, biar, seperti, sehingga, setelah, andai, bagai, ibarat, karena.

Contoh :
1. Ika sedang belajar ketika ibunya sedang memasak.
2. Anton terlihat sedih sejak ibunya meninggal.
3.Sinta akan menerima cintanya kalau dia tulus mencintainya.
4. Hari ini saya tidak akan  terlambat  jika saya bangung jam 5 pagi.
5. Saya harus rajin belajar supaya saya mencapai cita-cita.
6.Mereka di tilang oleh pak polisi biar mereka sadar akan keselamatan dirinya
7. Rendy bangun terlambat sehingga ia terlambat sampai sekolah.
8. Dia berdeklamasi seperti seorang penyair kendang.


II. Kata Penghubung Antar Kalimat

Adalah kata yang menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Dalam penggunaanya, kata penghubung antar kalimat menyatakan makna yang berbeda-beda, daintaranya : oleh karena itu, sebelum itu, namun, akan tetapi, kecuali itu, dengan demikian, sesudah itu, selain itu, sebaliknya.
Contoh :
1. Riri tidak mengerjakan tugas laporanya oleh karena itu ia tidak dapat nilai
2. Gayus diduga korupsi sebelum itu ia berada di Australia.
3.Mahasiswa adalah orang-orang yang terpelajar tinggi namun masih banyak yang berfikir      kekanak-kanakan.
4.Mereka adalah orang-orang  miskin akan tetapi kaya moral.
5.Facebook adalah aplikasi jejaring sosial selain itu mempereerat tali silaturahim antar sesama.
6.Indonesia adalah negara yang kotor dari penjajahan sebaliknya Singapura adalah negara yang bersih dari sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar