Powered By Blogger

Rabu, 03 Oktober 2012

Bibliografi Sri Lestari RahayuNingsih


Nama    : Sri Lestari RahayuNingsih
Kelas   : BE A
NIM    : 1252132027


 
A.    Pengertian Bibliografi
"Kata bibliografi berasal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion: yang berarti buku dan Graphein: yang berarti menulis, maka kata Bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku.Dalam hal ini maka bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang dikehendaki. Dengan demikian tujuan bibliofrafi adalah untuk mengetahui adanya suatu buku/pustaka atau sejumlah buku/pustaka yang pernah diterbitkan." 

 (http://guspalenatiolen.blogspot.com/2012/04/pengertian-bibliografi-dan-jenisnya.html#more)
B.     Jenis-Jenis Bibliografi

"
Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi.
Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi dibagi menjadi:

·         Bibliogrfi deskriptif:
Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis.

·         Bibliografi evaluatif: 
Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka. Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.


Cakupan Bibliografi
Dari segi cakupanya, bibliografi dapat dibagi menjadi:


·         Bibliografi retrospektif :
Yaitu jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka yang telah diterbitkan pada jaman yang lampau. Misalnya “Bibliografi sejarah perang Dipenogoro”

·         Bibliografi terkini/current :
Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan yang sedang atau masih terbit saat ini.Contohnya Ulrich’s International Periodicals Directory.

·         Bibliografi selektif
yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan tertentu dengan tujuan tertentu.Misalnya “Buku bacaan terpilih untuk anak usia pra sekolah”.

·         Bibliografi subjek :
Yaitu jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka atau artikel pada bidang ilmu. Misalnya “Bibliografi khusus ternak kelinci”.

·         Biliografi nasional :
Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan suatu negara atau daerah regional tertentu. Contohnya “Bibliografi Nasional Indonesia”.

Penentuan cakupan/topik suatu bibliografi ditentukan berdasarkan berbagai
pertimbangan antara lain :
• Permintaan pengguna
• Topik yang sedang berkembang atau yang banyak diperlukan saat itu
• Dokumentasi koleksi yang dimiliki
• Mandat instansi "

C.      Tata Cara Penulisan Bibliografi

"a. Nama pengarang diurutkan berdasarkan urutan abjad.
b. Jika tidak ada nama pengarang, judul buku atau artikel yang dimasukkan dalam urutan abjad.
c. Jika untuk seorang pengarang terdapat lebih dari satu bahan refrensi, untuk refrensi kedua dan   seterusnya, nama pengarang tidak diikutsertakan, tetapi diganti dengan garis sepanjang 5 atau 7 ketikan.
d. Jarak antara baris dengan baris untuk satu refrensi adalah satu spasi. Namun, jarak antara pokok dengan pokok lain adalah dua spasi.
e. Baris pertama dimulai dari margin kiri. Baris kedua dan seterusnya dari tiap pokok harus dimasukkan ke dalam sebanyak tiga atau empat ketikan." 


 
D.    Contoh:
"1. Bahan dari buku.
-          Abdul Ghafar Taib (1991).Dadah strategi dan kawalan di sekolah-sekolah. KualaLumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

-          Asmah Haji Omar (2002).Setia dan santun bahasa. Tanjong Malim: Penerbit Universiti Pendidikan Sultan Idris.Ismail Ahmad (1996). Penulisan saintifik. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

-          Paloutzian, R. F. (1996). Invitation to the psychology of religion. Boston: Allyn and Bacon.

2. Dari majalah/jurnal
·         Mohd Ridwan Wahab (2008, April). Muttaqa Ibarat Jam Loceng.Dewan Masyarakat,26.

·         Morawski, J. (2000). Social psychology a century ago. American Psychologist, 55,427–431.

·         Murzynski, J., & Degelman, D. (1996). Body language of women and judgments of vulnerability to sexual assault. Journal of Applied Social Psychology, 26, 1617-1626

 3. Dari laman web atau internet
·         Bernstein, M. (2002). 10 tips on writing the living Web.A List Apart: For People Who Make  Websites, 149. Retrieved May 2, 2006, from
                               http://www.alistapart.com/articles/writeliving
·         Dewey, R. A. (2002).Psych Web by Russ Dewey.Retrieved January 25, 2003 from http://www .psywww.com/ "


"4. Dari Bahan Makalah dan Skripsi
·         BNSP, (2007). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Kelas V.

·         Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Badan Penelitian Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah. Jakarta: Dikti.
·         Depdiknas. (2003). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar