Powered By Blogger

Rabu, 03 Oktober 2012

BIBLIOGRAFI. SRI RATNA SARI S


NAMA : SRI RATNA SARI.S
KELAS : BUSINESS ENGLISH A
NIM :1252132024

BIBLIOGRAFI

1.PengertianBibliografi
Bibliografiadalahsebuahdaftarpustaka yang didalamnyaberisijudulbuku, makalah, artikeldan lain-lainnya yang memilikihubunganeratdengankarangan.denganadanyadaftarpustakadapatmempermudahmengetahuidarimanasumberkarangantersebutkarenadidalambibliografidipaparkanketerangan-keterangan yang lengkapmengenaibukuataukarangantersebutdanberfungsisebagaipelengkapsebuahbukuatauartikel. (Meugah: 2011)
2.Jenis-jenis bibliografi
“ jenis-senisBibliografi yang dihasilkandalampembuatanpublikasisekunderakantergantungpadajenispustaka yang akandidaftar, misalnyaakandibuatdaftar yang berasaldarideskripsikatalogbuku yang dimilikiperpustakaan, makadaftartersebutdapatdinamakandaftarkatalog. Sementarajikadaftar yang disusunberdasarkanjudulartikelsuatumajalah, makadaftartersebutdapatdisebutdaftarisi.”(Wikipedia : 2012)

ü  Segicarapenyajiandanuraiandeskripsinyabibliografiterbagimenjadi :
·         Bibliografideskriptif
“ YaituBibliografi yang dilengkapisingkat yang didapatkandarigambaranfisik yang terteraatautertulisdalambahanpustaka. Sepertijudulbukuataumajalah, judulartikel,namapengarang, data terbitan (impresium), kolasiserta kata kuncidanabstrak yang tertulis”. (Wikipedia : 2012)

·         Bibliografievaluatif
“Yaitubibliografi yang dilengkapidenganevaluasitentangsuatubahanpustaka.Evaluasiinibiasanyamencakuppenilaianterhadapisisuatubahanpustakaatauartikel.”(Wikipedia : 2012)

ü  Dari segicakupannyabibliografiterbagimenjadi:
·         Bibliografiretrospektif
“Yaitujenisbibliografi yang mencatatbahanpustaka yang telahditerbitkanpadajaman yang lampau.Misalnya “BibliografisejarahperangDipenogoro”(Wikipedia : 2012)

·         Bibliografiterkini/current 
“ Yaitujenisbibliografi yang mencatatterbitan yang sedangataumasihterbitsaatini.” Contohnya: Ulrich’s International Periodicals Directory.”
(Wikipedia: 2012)

·         Bibliografiselektif
“Yaitujenisbibliografi yang mencatatterbitantertentudengantujuantertentu.Misalnya “Bukubacaanterpilihuntukanakusiaprasekolah”.(Wikipedia : 2012)
·         Bibliografisubjek 
“Yaitujenisbibliografi yang mencatatbahanpustakaatauartikelpadabidangilmudansubjektertentu.Misalnya “Bibliografikhususternakkelinci” (Wikipedia: 2012)

·         Biliografinasional 
“ Yaitujenisbibliografi yang mencatatterbitansuatunegaraataudaerah regional tertentu. Contohnya “BibliografiNasional Indonesia”.(Wikipedia:2012)

3.TatacaradancontohpenulisanBibliografi
1.Tatacaradancontohpenulisanbibliografidaribuku
            “Penulisandaftarpustakadalampengambilan data daribuku, pertama; penulisannamauntukawalmenggunakanhurufbesarterlebihdahulusetelahnamabelakangditulisberi (tandakoma), dimulaidarinamabelakanglaluberi (tandakoma) dandilanjutkandengannamadepan, kedua; tahunpembuatanataupenerbitanbuku, ketiga; judulbukunyaingatditulisdenganmengunakanhuruf miring setelahjudulgunakan (tandatitik), keempat; tempatditerbitkannyasetelahtempatpenerbitangunakan (tandatitikdua), dankelima; penerbitbukutersebutdiakhiridengan (tandatitik). Seperticontohdibawahini:”
  • “Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP danMySql. Yogyakarta: PenerbitAndi Offset.”(Faisal: 2009)
  • Soekirno, Harimurti( 2005). Cara MudahMenginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.(Faisal: 2009)
2. Tata caradancontohpenulisanbibliografidari Internet
“Penulisandaftarpustakadalampengambilan data dari internet, pertama; tulisnama, kedua; tulis (tahunbukuatautulisandibuatdalamtandakurung) setelahituberi (tandatitik), ketiga; tulisjudulbuku/tulisannyalaluberi (tandatitik) lagi, keempat; tulisalamatwebsitenyagunakan kata (from) untukawaljudul web dllsetelahituberitandakoma, kelima; tulistanggalpengambilan data tersebutok.seperticontohdibawaini:
3. Tata caradancontohbibliografidarimajalah
“ Jikamajalahmenjadiajuankitaharusmemperhatikanunsur-unsurbesertaurutanya yang perlu di sebutkandalamdaftarpustakasebagiberikut :
·         Namapengarang
·         Tahunterbit
·         Judulartikel
·         Judulmajalah
·         Bulanterbit(kalauada)
·         Tahunterbitankeberapa ( kalauada)
·         Tempatterbit
Contoh:
Nasution, Anwar. 1975.” SistemMoneterInternasional”.DalamPrisma, desember,IV. Jakarta.”(Alfiansyah: 2009)
4. Tata caradancontohbibliografidariskiripsi
“Namapenulisditulis paling depan, diikutitahun yang tercantumpadasampul, judulskripsi, tesisataudisertasiditulisdengancetak miring diikutidenganpernyataanskripsi, tesis, ataudisertasitidakditerbitkan, namakotatempatperguruantinggi, dannamafakultassertanamaperguruantinggi.:”(Daud: 2010)
·         “Pangaribuan, T., 1992. PerkembanganKompetensiKewacanaanPembelajarBahasa  Inggris di LPTK. Disertasitidakditerbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP   MALANG.”(Daud: 2010)

·         “Darmawan, D. P., 2001. KetahananPanganRumahtanggaTanidalamKonteksPertanian
Berkelanjutan: SuatuAnalisisProgramasi Linier di Pedesaan Bali, JawaTimur, dan
Yogyakarta.
Disertasitidakdipublikasikan. Yogyakarta: Program StudiEkonomiPertanian, UGM.”(Daud: 2010)

·         “Nuarsa, I.  W., 1991. PrediksiErosidenganMetodePersamaanUmumKehilangan Tanah danPerencanaanKonservasi Tanah di DAS Betel Karangasem.SkripsiTidakDipublikasikan. Denpasar: UniversitasUdayana.”(Daud: 2010)

·         “Syauta, J. F., 1990. PerikananTradisional di Maluku danPerananKredit di dalam
Pengembangannya
. Disertasitidakdipublikasikan (unpublished disertation), Yogyakarta: GadjahMada University.”(Daud:2010)

5.Tatacaradancontohbibliografidarimakalah
“Namapenulisditulis paling depan, dilanjutkandengantahun, judulmakalahditulisdengancetak miring, kemudiandiikutipernyataan "Makalahdisajikandalam ...", namapertemuan, lembagapenyelenggara, tempatpenyelenggaraan, dantanggalsertabulannya.Contoh:”(Daud: 2010)
·         “Huda, N., 1991. PenulisanLaporanPenelitianuntukJurnal. MakalahdisajikandalamLokakaryaPenelitian Tingkat DasarbagiDosen PTN dan PTS di Malang Angkatan  XIV, PusatPenelitian IKIP MALANG, Malang, 12 Juli.”(Daud:2010)
·         Karim, Z., 1987. Tatakota di Negara-negaraBerkembang. Makalahdisajikandalam Seminar Tatakota, BAPPEDA JawaTimur, Surabaya, 1-2 September.”(Daud:2010)

DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia.2012.catatan http://id.wikipedia.org/wiki/bibliografi 3 oktober 2012





Tidak ada komentar:

Posting Komentar